Sabtu, 20 September 2014

Dekorasi Dapur Idaman Minimalis

Tentu tidak mudah membuat dapur minimalis menjadi dapur idaman tanpa melalui penataan dekorasi yang benar. Jika dikaitkan dengan fungsi utamanya, banyak hal yang harus diperhatikan supaya dapur yang tergolong biasa saja berubah menjadi dapur idaman meskipun menggunakan konsep minimalis. Dalam hal ini pewarnaan ruangan, penataan furnitur, penempatan lukisan dan wallpaper memiliki keterkaitan satu sama lain untuk keseimbangan dekorasi dapur idaman minimalis. Jadi kurang afdol rasanya jika kita menyebut dapur kita sebagai dapur idaman tanpa ada keseimbangan dari beberapa aspek tersebut.
Pada dasarnya definisi dapur idaman minimalis adalah dapur yang dapat memenuhi standar aktivitas pada dapur itu sendiri, dimana kenyamanan dan kebersihan mutlak diperlukan. Selain desain warna dan penempatan furnitur yang tepat, ada beberapa aspek yang turut ambil bagian supaya dapur layak menyandang predikat sebagai dapur idaman. Berikut ini diantaranya:
- Pencahayaan
Cahaya bagi sebagian orang sering diasosiasikan sebagai penerangan dari lampu. Walaupun pendapat tersebut tidak sepenuhnya salah namun sering membuat kita lupa akan fungsi matahari. Jadi intinya, untuk dapur idaman sebaiknya memang mengoptimalkan unsur pencahayaan yang memanfaatkan sinar matahari. Ada baiknya mempertimbangkan untuk membongkar desain plafon dan mengangkat sedikit posisi atap agar ada cahaya matahari yang masuk dibeberapa bagian ruangan. Namun yang perlu diperhatikan, atur letak atap yang akan didesain ulang supaya cahaya yang masuk tidak memanggang untuk kemudian merusak beberapa perabot tertentu di dapur.
Meskipun unsur pencahayaan dari dekorasi dapur idaman minimalis lebih memanfaatkan sinar matahari, namun pencahayaan dari lampu tak lantas harus diabaikan. Jika lampu dapur kapasitasnya sudah mecukupi namun masih terasa agak gelap terutama malam hari, maka perlu ditinjau kembali apakah penempatannya sudah pada posisi yang tepat atau mungkin pengaturan ketinggiannya yang kurang efektif.
- Motif Keramik
Jika faktor pencahayaan dan warna sudah terselesaikan, saatnya menyempurnakan instalasi pada lantai. Jika lantai dapur menggunakan keramik ukuran kecil dengan permainan motif yang cukup dominan dan cenderung gelap, maka ada baiknya mempertimbangkan untuk menggantinya dengan ukuran keramik yang lebih besar (lebar), contohnya 40 cm x 40 cm. Pilih keramik yang tidak terlalu banyak motif untuk menghindari kesan ramai pada lantai. Untuk warna keramik lantai dapur lebih ideal jika menggunakan warna cerah dan netral.
Sebelum merealisasikan ide-ide kreatif dalam bentuk renovasi dapur yang sesungguhnya, sebaiknya kita perhitungkan dengan matang dekorasi yang akan kita aplikasikan pada dapur, termasuk berapa banyak material yang dibutuhkan serta kisaran biaya yang akan dikeluarkan nantinya. Akan lebih baik lagi jika kita terlebih dahulu membuat sketsa gambar dapur sehingga kita dapat dengan mudah menentukan bagian dapur mana saja yang perlu mendapat sentuhan desain baru.
Dekorasi dapur idaman minimalis hasilnya akan nampak memuaskan jika kita tentukan dari ide-ide kita sendiri. Untuk itu kita tidak perlu tergesa-gesa mencontoh untuk kemudian menerapkan dekorasi dapur yang banyak terpampang di internet, karena belum tentu semua itu cocok diaplikasikan untuk dapur kita.

0 komentar :

Posting Komentar